Selamat bahagia sahabat-sahabat kiranya kita harus selalau bersyukur atas nikmat yang kita terima karena kita sampai saat ini masih bisa menuntut ilmu. yu ah kita simak aja langsung materinya sahabat
APLIKASI INTERAKTIFPADA WEB
KOMPETENSI INTI
3. Memahami, menerapkan, menganalisis,
dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar,
dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat
Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri,
kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dala ranah
konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
3.15 Mengevaluasi aplikasi interaktif pada web
4.15 Memodifikasi aplikasi interaktif pada web
APERSEPSI
Sebuah bahasa pemrograman tidak akan per-nah sempurna jika
tidak ada dukungan library atau API. Sebuah library adalah kumpulan function
atau class yang dapat dipakai ulang dalam setiap proyek. Setiap bahasa
pemrograman memiliki filosofinya masing-masing mengenai apa yang harus menjadi
bagian dari standard library. Perancang bahasa pemrograman PHI) memiliki
filosofi dalam menyediakan semua yang dibutuhkan oleh programmer web dalam
library sehingga mereka dapat membuat aplikasi web dengan nyaman. Oleh sebab
itu, standard library pada bahasa mereka berukuran kecil dan ringan.
MENGAMATI
Pelajarilah buku teks maupun sumber lain tentang library
standar dan aplikasi interaktifpada web dengan baik dan benar!
AYO PAHAMI
Aplikasi
Interaktif Pada Web
Gambar 7.5 Penggunaan
header pada aplikasi interaktif web
Konsep identik dengan sesuatu yang dipahami maupun
abstraksi suatu ide atau gambaran mental. Sementara itu, konsep multimedia
interaktif berbasis halaman web dan media interaktif sebagai sarana dalam
memahami pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, gambar,
suara, video, dan animasi dengan menggabungkan perangkat-perangkat tertentu
sehingga user dapat melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomumkasi, balk
berbasl.s halaman web maupun media Interaktlf. I)alam hal Interakst bermakna
sebagal sebuah fitur yang menoll)ol dalam multimedia sebagai pembelajaran aktlf
(active learning). Pembelajaran yang aktif bertt1Juan agar pengguna mermllkl
kemampuan melihat atau mendengar (see and hear) sekaligus melakukan sesuatu
(do). Dalam konteks multimedia, do berupa memberikan respons terhadap
pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan
komputer.
Ketika orang berbicara tentang website yang dinamis
dan interaktif, kata pertama yang muncul di benak web developer saat ini adalah
PHP. Bahasa pemrograman server-side memiliki berbagai kemampuan andal dan dapat
dimanfaatkan secara bebas tanpa perlu biaya sama sekali. Pada dasarnya, halaman
web adalah sebuah dokumen HTML. HTML (Hypertext Markup Language), yaitu suatu
bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (Tag) untuk menyatakan kode-kode
yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan
secara benar. Dokumen HTML secara umum berupa dokumen teks biasa dengan tujuan
agar dengan mudah dipindah-pindahkan antar-berbagai platform. Berikut ini
beberapa kelebihan dari dokumen yang lain.
a.
Dengan HTML dapat
dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara, dan elemen-elemen
multimedia yang lain.
b.
Faktor terpenting
pada dokumen HTML adalah hypertext yang berfungsi sebagai suatu penghubung
(hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya.
Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web,
yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.
Oleh sebab itu, perangkat
lunak berbasis web (aplikasi web) dapat berkembang pesat, baik dari segi
penggunaan, ukuran, bahasa yang digunakan, maupun kompleksitasnya. Aplikasi web
pada mulanya berupa situs web yang bersifat statis, navigation oriented, dan
cenderung digunakan sebagai brosur produk atau profil toko online.
Web dapat diakses oleh berbagai platform dengan
menggunakan browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla, Opera, dan lain-lain.
Proses akses suatu web dilakukan dengan cara klien melakukan permmtaan suatu
halaman web kepada server, kemudian server akan mencart halaman yang diminta
dan mengembalikannya dalam bentuk kode-kode HTML. Kodekode HTML ini akan di-download
oleh komputer klien dan kemudian diterjemahkan oleh browser menjadi suatu
tampilan halaman web. Dengan demikian, aplikasi web berbentuk klien/server
dapat membentuk halamanhalaman web berdasarkan permintaan pemakai. Klien dan
server berhubungan dalam suatu jaringan internet atau intranet. Klien adalah
pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang
melayani permintaan dari pemakai.
Form input data dalam sebuah website digunakan untuk
melakukan input sebuah data pribadi dengan mengisi form-form tertentu kemudian
menghubungkannya ke file PHP yang akan menampilkan data yang telah diinput.
Misalnya, form-form registrasi menggunakan file PHP yang digunakan sebagai form
input data sederhana beserta cara dalam menampilkan datanya, dilakukan dengan
cara sebagai berikut.
a.
Diawali dengan
membuat file PHP untuk menampilkan form dengan tampilan sebagai berikut.

b.
Langkah
selanjutnya adalah kode script untuk membuat form tersebut.
<!DOCTYPE
html>
<html>
<head>
<title>Latihan Form Berbasis Input
Proses dan Output</title>
</head>
<body
bgcolor="#999999">
<br>
<br>
<table width="50%"
border="0" align="center">
<tr>
<td width="50%">
<table border="0"
width="100%" bgcolor="#00CCFF">
<tr>
<td><h3><font
face="Times New Roman, Times, serif"><p
align="center">FORM INPUT
DATA</p></font></h3></td>
</tr>
</table>
<form
method="post" action="tangkap.php">
<table
border="0" width="100%" bgcolor="#FFFFFF">
<tr>
<td><p
align="right">NAMA</p></td>
<td
width="5">:</td>
<td><input
type="text" name="nama"></td>
</tr>
<tr>
<td><p
align="right">JENIS KELAMIN</p></td>
<td
width="5">:</td>
<td>
<input
type="radio" name="gender" value="Pria">Pria
<input
type="radio" name="gender"
value="Wanita">Wanita
</td>
</tr>
<tr>
<td><p
align="right">AGAMA</p></td>
<td
width="5">:</td>
<td>
<select
name="agama">
<option
selected="selected" value="">--Pilih--</option>
<option>Islam</option>
<option>Kristen</option>
<option>Katolik</option>
<option>Hindu</option>
<option>Budha</option>
</select>
</td>
</tr>
<tr>
<td><p
align="right">HOBI</p></td>
<td
width="5">:</td>
<td>
<input
type="checkbox" name="hobi1" value="Makan,
"/>Makan<br>
<input
type="checkbox" name="hobi2" value="Main, "/>Main<br>
<input
type="checkbox" name="hobi3" value="Tidur.
"/>Tidur
</td>
</tr>
<tr>
<td><p
align="right">KOMENTAR</p></td>
<td
width="5">:</td>
<td><textarea
name="komentar"></textarea></td>
</tr>
<tr>
<td></td>
<td></td>
<td>
<input
type="submit" name="kirim" value="KIRIM"> ||
<input
type="reset" name="reset"
value="CANCEL"></td>
</tr>
<tr>
</table>
</form>
</table>
</body>
</html>
c.
Setelah
menuliskan kode script di atas simpan dengan nama latihan1.php di folder (D:\xampp\htdocs\latihan)
d.
Lakukan uji coba
dengan cara mengaktifkan browser dan mengetikkan di URL pada
(localhost/latihan/latihan1.php)
Beberapa hal yang perlu dipahami dalam coding file
latihanl.php adalah pada <method="post"
action="tangkap.php">, penekanan terletak pada tag action yang
memberitahukan ke page/halaman di mana data form akan dikirim (misalnya,
mengirimnya ke file tangkap.php untuk menampilkannya). Jika menggunakan
"POST", terdapat 1 file tambahan untuk membuat script PHP yang akan
menerima dan memproses data yang dikirim dengan nama tangkap.php
<?php
if
(isset($_POST ['kirim']) ) {
if (isset($_POST [ 'hobi1'])){
$hobi1 = $_POST['hobi1'];
}
else {
$hobi1 = '' ;
}
if (isset($_POST['hobi2'])){
$hobi2 = $_POST['hobi2'];
}
else {
$hobi2 = '';
if (isset($_POST['hobi3'])){
$hobi3 = $_POST['hobi3'] ;
}
else {
$hobi3 = '';
echo 'Nama Anda adalah : ' . $_POST [
'nama' ]. '<br>
Anda seorang : ' . $_POST ['gender'] .
'<br>
Yang Beragama : ' . $_POST[' agama'] .
'<br>
dan Memiliki Hobi : '
.$hobi1.$hobi2.$hobi3. '<br>
Komentar Anda : ' . $_POST['komentar'];
}
?>
Setelah selesai menuliskan kode script di atas, simpan dengan nama tangkap.php dan disimpan di folder D:\xampp\htdocs\latihan atau tempat yang namanya latihanl .php. Beberapa faktor yang perlu dipahami adalah kode hobi dibuat kode yang berbeda agar jika ada hobi yang tidak dipilih, tidak akan menampilkan script error saat dijalankan. Setelah selesai menuliskan coding, dapat dicoba dengan menjalankan dan mengisi form input data tersebut. Jalankan di browser dengan cara mengetikkan localhost/latihan/latihan1.php sehingga tampil gambar sebagai berikut.

Selanjutnya, isikan dengan data kemudian untuk mencoba.
pilih kirim dan hasilnya akan tampak sebagai berikut.

MENGEKSPLORASI
Buatlah sebuah kelompok
kemudian kumpulkan informasi konsep program aplikasi interaktif dalam halaman
web beserta implementasinya!
MENGASOSIASIKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN
·
Uraikan kembali
informasi yang diperoleh tentang masalah kelebihan dari dokumen HTML, terutama
link-link yang menjadi ciri khas, sekaligus membentuk World Wide Web!
·
Presentasikan
kesimpulan masalah program aplikasi web interaktif berbasis input proses dan
output, terutama dalam hal hasil akhirnya!
INFO
Pengertian
Application Programming Interface (API)
Perkembangan
teknologi API berawal dari penciptaan sebuah subrutin sederhana yang
menyediakan kemampuan interoeperability dan system modifiability untuk
mendukung pertukaran data antarbeberapa aplikasi. Subtiltin tersebut hanya
mampu melaksanakan perhitungan matematis sederhana hingga terbentuk sebuah API
pustaka penghitungan yang hampir selalu ada pada setiap bahasa pemrograman.
Dari sebuah subrutin sederhana tersebut mulai bermunculan gagasan-gagasan
bagaimana API harus dikembangkan khususnya sejalan dengan berkembangnya
paradigma pemrograman berorientasi objek yang mengakibatkan sekumpulan subrutin
sejenis dapat dikumpulkan menjadi sebuah kelas pernbungkus subrutin-subrutin
tersebut.
Sumber: http://www.yusaindera.com/2017/03/pengertian-application-programming.html/
RANGKUMAN
1.
Penerapan API
sangat terasajika titur yang diinginkan sudah sangat kompleks, tentu
membutuhkan waktu untuk membuat yang serupa dengannya.
2.
Pada umumnya,
seorang programmer mengambil informasi tertentu dari suatu halaman website yang
tidak menyediakan API untuk diakses oleh sistemnya.
3.
Beberapa jenis
library di PHP dapat melakukan scraping, antara lain Buzz, Goutte, Guzzle,
HttpFul, Requests, dan Standard Library.
4.
Di masa sekarang,
banyak bermunculan berbagai varian browser, di antaranya Mozilla Firefox,
Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Opera, dan Apple Safari.
5.
Klien dan server
berhubungan dalam suatu jaringan internet atau intranet. Klien adalah pemakai
yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang
melayani permintaan dari pemakai.
Assessmen !
Klik Link Berikut Ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thank you for visiting Edu High School. This comment is an Auto Answer from our system please wait if your comment needs to be replied to urgently.
Greetings from us Edu High School.