Materi PWPB XI Aplikasi Interaktif Pada Web


Selamat bahagia sahabat-sahabat kiranya kita harus selalau bersyukur atas nikmat yang kita terima karena kita sampai saat ini masih bisa menuntut ilmu. yu ah kita simak aja langsung materinya sahabat

APLIKASI INTERAKTIFPADA WEB


KOMPETENSI INTI

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dala ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

KOMPETENSI DASAR

3.15     Mengevaluasi aplikasi interaktif pada web

4.15     Memodifikasi aplikasi interaktif pada web

 

APERSEPSI

Sebuah bahasa pemrograman tidak akan per-nah sempurna jika tidak ada dukungan library atau API. Sebuah library adalah kumpulan function atau class yang dapat dipakai ulang dalam setiap proyek. Setiap bahasa pemrograman memiliki filosofinya masing-masing mengenai apa yang harus menjadi bagian dari standard library. Perancang bahasa pemrograman PHI) memiliki filosofi dalam menyediakan semua yang dibutuhkan oleh programmer web dalam library sehingga mereka dapat membuat aplikasi web dengan nyaman. Oleh sebab itu, standard library pada bahasa mereka berukuran kecil dan ringan.

 

MENGAMATI

Pelajarilah buku teks maupun sumber lain tentang library standar dan aplikasi interaktifpada web dengan baik dan benar!

 

AYO PAHAMI

Aplikasi Interaktif Pada Web

Dalam mengembangkan aplikasi interaktif web terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan, di antaranya menentukan browser dan editor yang akan digunakan. Bahasa pemrograman penyusun web adalah bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dikuasai dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Di masa sekarang banyak bermunculan berbagai varian browser, di antaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Opera, dan Apple Safari. Selain browser bervariasi, sekarang pun banyak text editor untuk program editor web, baik yang tekstual maupun grafis, di antaranya yang gratis adalah Aptana, Notepad2, NotePad, Sublime Text, dan Expression Web 4. Sementara itu, text editor yang berbayar yang cukup dikenal di antaranya Adobe Dreamweaver dan Visual Studio. Pengguna Linux dapat menggunakan GEdit, Geany, atau Sublime Text.


Gambar 7.5 Penggunaan header pada aplikasi interaktif web


1. Konsep Program Aplikasi Interaktif dalam Halaman Web

Konsep identik dengan sesuatu yang dipahami maupun abstraksi suatu ide atau gambaran mental. Sementara itu, konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif sebagai sarana dalam memahami pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan menggabungkan perangkat-perangkat tertentu sehingga user dapat melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomumkasi, balk berbasl.s halaman web maupun media Interaktlf. I)alam hal Interakst bermakna sebagal sebuah fitur yang menoll)ol dalam multimedia sebagai pembelajaran aktlf (active learning). Pembelajaran yang aktif bertt1Juan agar pengguna mermllkl kemampuan melihat atau mendengar (see and hear) sekaligus melakukan sesuatu (do). Dalam konteks multimedia, do berupa memberikan respons terhadap pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan komputer.

Ketika orang berbicara tentang website yang dinamis dan interaktif, kata pertama yang muncul di benak web developer saat ini adalah PHP. Bahasa pemrograman server-side memiliki berbagai kemampuan andal dan dapat dimanfaatkan secara bebas tanpa perlu biaya sama sekali. Pada dasarnya, halaman web adalah sebuah dokumen HTML. HTML (Hypertext Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML secara umum berupa dokumen teks biasa dengan tujuan agar dengan mudah dipindah-pindahkan antar-berbagai platform. Berikut ini beberapa kelebihan dari dokumen yang lain.

a.      Dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara, dan elemen-elemen multimedia yang lain.

b.      Faktor terpenting pada dokumen HTML adalah hypertext yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.

Oleh sebab itu, perangkat lunak berbasis web (aplikasi web) dapat berkembang pesat, baik dari segi penggunaan, ukuran, bahasa yang digunakan, maupun kompleksitasnya. Aplikasi web pada mulanya berupa situs web yang bersifat statis, navigation oriented, dan cenderung digunakan sebagai brosur produk atau profil toko online.


2. Membuat Program Aplikasi Web Interaktif Berbasis Input Proses dan Output

Web dapat diakses oleh berbagai platform dengan menggunakan browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla, Opera, dan lain-lain. Proses akses suatu web dilakukan dengan cara klien melakukan permmtaan suatu halaman web kepada server, kemudian server akan mencart halaman yang diminta dan mengembalikannya dalam bentuk kode-kode HTML. Kodekode HTML ini akan di-download oleh komputer klien dan kemudian diterjemahkan oleh browser menjadi suatu tampilan halaman web. Dengan demikian, aplikasi web berbentuk klien/server dapat membentuk halamanhalaman web berdasarkan permintaan pemakai. Klien dan server berhubungan dalam suatu jaringan internet atau intranet. Klien adalah pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai.

Form input data dalam sebuah website digunakan untuk melakukan input sebuah data pribadi dengan mengisi form-form tertentu kemudian menghubungkannya ke file PHP yang akan menampilkan data yang telah diinput. Misalnya, form-form registrasi menggunakan file PHP yang digunakan sebagai form input data sederhana beserta cara dalam menampilkan datanya, dilakukan dengan cara sebagai berikut.

a.      Diawali dengan membuat file PHP untuk menampilkan form dengan tampilan sebagai berikut.

 

b.      Langkah selanjutnya adalah kode script untuk membuat form tersebut.

 

<!DOCTYPE html>

<html>

<head>

  <title>Latihan Form Berbasis Input Proses dan Output</title>

</head>

<body bgcolor="#999999">

<br>

<br>

  <table width="50%" border="0" align="center">

       <tr>

            <td width="50%">

                 <table border="0" width="100%" bgcolor="#00CCFF">

                      <tr>

                          <td><h3><font face="Times New Roman, Times, serif"><p align="center">FORM INPUT DATA</p></font></h3></td>

                      </tr>

                 </table>

                 <form method="post" action="tangkap.php">

                      <table border="0" width="100%" bgcolor="#FFFFFF">

                          <tr>

                               <td><p align="right">NAMA</p></td>

                               <td width="5">:</td>

                               <td><input type="text" name="nama"></td>

                          </tr>

                          <tr>

                               <td><p align="right">JENIS KELAMIN</p></td>

                               <td width="5">:</td>

                               <td>

                                    <input type="radio" name="gender" value="Pria">Pria

                                    <input type="radio" name="gender" value="Wanita">Wanita

                               </td>

                          </tr>

                          <tr>

                               <td><p align="right">AGAMA</p></td>

                               <td width="5">:</td>

                               <td>

                                    <select name="agama">

                                         <option selected="selected" value="">--Pilih--</option>

                                         <option>Islam</option>

                                      <option>Kristen</option>

                                      <option>Katolik</option>

                                         <option>Hindu</option>

                                         <option>Budha</option>

                                    </select>

                               </td>

                          </tr>

                          <tr>

                               <td><p align="right">HOBI</p></td>

                               <td width="5">:</td>

                               <td>

                                    <input type="checkbox" name="hobi1" value="Makan, "/>Makan<br>

                                    <input type="checkbox" name="hobi2" value="Main, "/>Main<br>

                                    <input type="checkbox" name="hobi3" value="Tidur. "/>Tidur

                               </td>

                          </tr>

                          <tr>

                               <td><p align="right">KOMENTAR</p></td>

                               <td width="5">:</td>

                               <td><textarea name="komentar"></textarea></td>

                          </tr>

                          <tr>

                               <td></td>

                               <td></td>

                               <td>

                                    <input type="submit" name="kirim" value="KIRIM"> ||

                                    <input type="reset" name="reset" value="CANCEL"></td>

                          </tr>

                          <tr>

                      </table>

                 </form>

           

  </table>

</body>

</html>

 

c.       Setelah menuliskan kode script di atas simpan dengan nama latihan1.php di folder (D:\xampp\htdocs\latihan)

d.      Lakukan uji coba dengan cara mengaktifkan browser dan mengetikkan di URL pada (localhost/latihan/latihan1.php)

Beberapa hal yang perlu dipahami dalam coding file latihanl.php adalah pada <method="post" action="tangkap.php">, penekanan terletak pada tag action yang memberitahukan ke page/halaman di mana data form akan dikirim (misalnya, mengirimnya ke file tangkap.php untuk menampilkannya). Jika menggunakan "POST", terdapat 1 file tambahan untuk membuat script PHP yang akan menerima dan memproses data yang dikirim dengan nama tangkap.php

 

<?php

if (isset($_POST ['kirim']) ) {

     if (isset($_POST [ 'hobi1'])){

          $hobi1 = $_POST['hobi1'];

     }

     else {

          $hobi1 = '' ;

     }

     if (isset($_POST['hobi2'])){

          $hobi2 = $_POST['hobi2'];

     }

     else {

          $hobi2 = '';

     if (isset($_POST['hobi3'])){

          $hobi3 = $_POST['hobi3'] ;

     }

     else {

          $hobi3 = '';

     echo 'Nama Anda adalah : ' . $_POST [ 'nama' ]. '<br>

     Anda seorang : ' . $_POST ['gender'] . '<br>

     Yang Beragama : ' . $_POST[' agama'] . '<br>

     dan Memiliki Hobi : ' .$hobi1.$hobi2.$hobi3. '<br>

     Komentar Anda : ' . $_POST['komentar'];

     }

?>

 

 

Setelah selesai menuliskan kode script di atas, simpan dengan nama tangkap.php dan disimpan di folder D:\xampp\htdocs\latihan atau tempat yang namanya latihanl .php. Beberapa faktor yang perlu dipahami adalah kode hobi dibuat kode yang berbeda agar jika ada hobi yang tidak dipilih, tidak akan menampilkan script error saat dijalankan. Setelah selesai menuliskan coding, dapat dicoba dengan menjalankan dan mengisi form input data tersebut. Jalankan di browser dengan cara mengetikkan localhost/latihan/latihan1.php sehingga tampil gambar sebagai berikut.


Selanjutnya, isikan dengan data kemudian untuk mencoba. pilih kirim dan hasilnya akan tampak sebagai berikut.



MENGEKSPLORASI

Buatlah sebuah kelompok kemudian kumpulkan informasi konsep program aplikasi interaktif dalam halaman web beserta implementasinya!


MENGASOSIASIKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN

·         Uraikan kembali informasi yang diperoleh tentang masalah kelebihan dari dokumen HTML, terutama link-link yang menjadi ciri khas, sekaligus membentuk World Wide Web!

·         Presentasikan kesimpulan masalah program aplikasi web interaktif berbasis input proses dan output, terutama dalam hal hasil akhirnya!


INFO

Pengertian Application Programming Interface (API)

Perkembangan teknologi API berawal dari penciptaan sebuah subrutin sederhana yang menyediakan kemampuan interoeperability dan system modifiability untuk mendukung pertukaran data antarbeberapa aplikasi. Subtiltin tersebut hanya mampu melaksanakan perhitungan matematis sederhana hingga terbentuk sebuah API pustaka penghitungan yang hampir selalu ada pada setiap bahasa pemrograman. Dari sebuah subrutin sederhana tersebut mulai bermunculan gagasan-gagasan bagaimana API harus dikembangkan khususnya sejalan dengan berkembangnya paradigma pemrograman berorientasi objek yang mengakibatkan sekumpulan subrutin sejenis dapat dikumpulkan menjadi sebuah kelas pernbungkus subrutin-subrutin tersebut.

Sumber: http://www.yusaindera.com/2017/03/pengertian-application-programming.html/


RANGKUMAN

1.      Penerapan API sangat terasajika titur yang diinginkan sudah sangat kompleks, tentu membutuhkan waktu untuk membuat yang serupa dengannya.

2.      Pada umumnya, seorang programmer mengambil informasi tertentu dari suatu halaman website yang tidak menyediakan API untuk diakses oleh sistemnya.

3.      Beberapa jenis library di PHP dapat melakukan scraping, antara lain Buzz, Goutte, Guzzle, HttpFul, Requests, dan Standard Library.

4.      Di masa sekarang, banyak bermunculan berbagai varian browser, di antaranya Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, Opera, dan Apple Safari.

5.      Klien dan server berhubungan dalam suatu jaringan internet atau intranet. Klien adalah pemakai yang meminta halaman web, sedangkan server adalah penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai.


Lihat Materi Versi PDF

Download Materi


Assessmen !

Klik Link Berikut Ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for visiting Edu High School. This comment is an Auto Answer from our system please wait if your comment needs to be replied to urgently.
Greetings from us Edu High School.